[:en]
“Status Akreditasi”
Pada tahun 2018 Departemen IKK mendapatkan akreditasi A sesuai keputusan BAN PT No2869/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 untuk periode 2018-2023.
“Kompetensi Lulusan Program S1”
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :
- Mampu mengaplikasikan teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen
- Menguasai teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen, dan ekonomi keluarga
- Mampu mengelola upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab
“Learning Outcome”
“Daftar Pembimbing Akademik”
“Silabus Mata Kuliah”
“Kurikulum”
Program Studi | Ilmu Keluarga dan Konsumen | |
Capaian Pembelajaran | : | 1. Mampu mengaplikasikan teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen.
2. Menguasai teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen, dan ekonomi keluarga. 3. Mampu mengelola upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab. |
Minor | : | Ketahanan Keluarga |
Capaian Pembelajaran | : | Mampu mengaplikasikan teori-teori keluarga untuk meningkatkan ketahanan keluarga |
Minor | Perkembangan Anak | |
Capaian Pembelajaran | Mampu mengaplikasikan teori-teori perkembangan anak untuk meningkatkan kualitas anak | |
Minor | Ilmu Konsumen | |
Capaian Pembelajaran | Mampu mengaplikasikan teori-teori konsumen dan ekonomi keluarga untuk meningkatkan ketangguhan konsumen |
Struktur Kurikulum
No | Mata Kuliah | Sks | Prasyarat | Semester | ||
Kode | Nama | Ganjil | Genap | |||
Mata Kuliah Pendidikan Kompetensi Umum | ||||||
1 | IPB100 | Agama | 3(2-2) | 2 | ||
2 | IPB111 | Pendidikan Pancasila | 2(1-2) | 2 | ||
3 | IPB106 | Bahasa Indonesia | 2(1-2) | 2 | ||
4 | IPB107 | Pengantar Ilmu Pertanian | 2(2-0) | 1 | ||
5 | IPB108 | Bahasa Inggris | 3(2-2) | 1 | ||
6 | IPB112 | Olahraga dan Seni *) | 1(0-3) | 1 | ||
7 | MAT101 | Landasan Matematika | 3(2-2) | 2 | ||
8 | KIM100 | Kimia Umum | 2(2-0) | 2 | ||
9 | BIO100 | Biologi Umum | 2(2-0) | 1 | ||
10 | FIS101 | Fisika Umum | 2(2-0) | 1 | ||
11 | EKO100 | Ekonomi Umum | 3(2-2) | 1 | ||
12 | KPM130 | Sosiologi Umum | 3(2-2) | 1 | ||
13 | AGB100 | Pengantar Kewirausahaan | 1(1-0) | 2 | ||
Sub Total sks | 28 | |||||
Mata Kuliah Interdep | ||||||
1 | KPM210 | Dasar-Dasar Komunikasi | 3(2-3) | KPM130 | 3 | |
2 | MAN111 | Pengantar Manajemen | 3(3-0) | 3 | ||
3 | STK211 | Metode Statistika | 3(2-2) | 3 | ||
4 | KPM231 | Pengembangan Masyarakat | 3(2-3) | KPM130 | 4 | |
5 | KPM320 | Ekologi Manusia | 3(2-3) | 5 | ||
6 | STK351 | Analisis Data Kategorik | 3(2-3) | 5 | ||
7 | GIZ341 | Ekologi Pangan dan Gizi | 3(2-3) | 5 | ||
8 | FMA301 | Kuliah Kerja Bersama Masyarakat/Kuliah Kerja Profesi | 3 | 6 | ||
Sub Total sks | 24 | |||||
Mata Kuliah Mayor | ||||||
1 | IKK121 | Pengantar Psikologi | 3(3-0) | 2 | ||
2 | IKK211 | Pengantar Ilmu Keluarga | 3(3-0) | 3 | 2 | |
3 | IKK212 | Pengantar Ekologi Keluarga | 3(2-3) | 3 | ||
4 | IKK221 | Psikologi Anak | 3(3-0) | 3 | ||
5 | IKK214 | Gender dan Keluarga | 3(3-0) | 3 | 4 | |
6 | IKK232 | Pengantar Ekonomi Keluarga | 3(3-0) | 3 | 4 | |
7 | IKK233 | Perilaku Konsumen | 3(3-0) | 3 | 4 | |
8 | IKK215 | Perkembangan Keluarga | 3(3-0) | 4 | ||
9 | IKK222 | Tumbuh Kembang Manusia | 3(2-3) | 4 | ||
10 | IKK331 | Pendidikan dan Perlindungan Konsumen | 3(2-3) | 4 | ||
11 | IKK334 | Manajemen Sumberdaya Keluarga | 3(3-0) | 5 | 4 | |
12 | IKK321 | Pengasuhan Anak | 3(2-3) | 5 | ||
13 | IKK322 | Pengembangan Karakter | 3(3-0) | 5 | ||
14 | IKK335 | Manajemen Keuangan Konsumen | 3(3-0) | 5 | 6 | |
15 | IKK323 | Pendidikan Holistik | 3(2-3) | 6 | ||
16 | IKK333 | Pemasaran Sosial | 3(2-3) | 6 | ||
17 | IKK336 | Usaha Ekonomi Keluarga | 3(3-0) | 6 | ||
18 | IKK411 | Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga | 3(2-3) | 6 | ||
19 | IKK312 | Konseling Keluarga | 3(2-3) | 6 | ||
20 | IKK398 | Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah | 3(2-3) | 6 | ||
21 | IKK311 | Metode Penelitian Keluarga | 3(2-3) | 7 | ||
22 | IKK421 | Pengukuran Perkembangan Anak | 3(2-3) | 7 | ||
23 | IKK432 | Riset Konsumen | 3(2-3) | 7 | ||
24 | IKK496 | Masalah Khusus | 2(0-3) | 7 | 6 | |
25 | IKK498 | Seminar | 1 | 8 | ||
26 | IKK499 | Skripsi | 6 | 8 | ||
Sub Total sks | 78 |
*) tidak diperhitungkan dalam SKS Kumulatif dan IPK
Minor: Ketahanan Keluarga
No | Mata Kuliah | sks | Prasyarat | Semester | ||
Kode | Nama | Ganjil | Genap | |||
1 | IKK211 | Pengantar Ilmu Keluarga | 3(3-0) | 3 | ||
2 | IKK215 | Perkembangan Keluarga | 3(3-0) | 4 | ||
3 | IKK214 | Gender dan Keluarga | 3(3-0) | 4 | ||
4 | IKK413 | Metode Penelitian Keluarga | 3(2-3) | 7 | ||
5 | IKK313 | Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga | 3(2-3) | 6 | ||
Total sks Minor | 15 |
Minor: Perkembangan Anak
No. | Mata Kuliah | sks | Prasyarat | Semester | ||
Kode | Nama | Ganjil | Genap | |||
1 | IKK221 | Psikologi Anak | 3(3-0) | 3 | ||
2 | IKK222 | Tumbuh Kembang Manusia | 3(2-3) | 4 | ||
3 | IKK321 | Pengasuhan Anak | 3(2-3) | 5 | ||
4 | IKK322 | Pengembangan Karakter | 3(3-0) | 5 | ||
5 | IKK323 | Pendidikan Holistik | 3(2-3) | 6 | ||
Total sks Minor | 15 |
Minor: Ilmu Konsumen
No. | Mata Kuliah | sks | Prasyarat | Semester | ||
Kode | Nama | Ganjil | Genap | |||
1 | IKK233 | Perilaku Konsumen | 3(3-0) | 3 | 4 | |
2 | IKK331 | Pendidikan dan Perlindungan Konsumen | 3(2-3) | 4 | ||
3 | IKK333 | Pemasaran Sosial | 3(2-3) | 6 | ||
4 | IKK431 | Manajemen Keuangan Konsumen | 3(3-0) | 6 | ||
5 | IKK432 | Riset Konsumen | 3(2-3) | 7 | ||
Total sks Minor | 15 |
Deskripsi Mata Kuliah
- IKK121 Pengantar Psikologi 3(3-0)
Mengenal berbagai metode ilmiah dalam mempelajari perilaku manusia, memahami pengaruh biologi, pengalaman belajar, kondisi lingkungan, kognisi, kepribadian dan faktor-faktor budaya terhadap perilaku, serta penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam kehidupan sehari-hari.
- IKK211 Pengantar Ilmu Keluarga 3(3-0)
Mempelajari definisi keluarga, teori keluarga dan gender sebagai paradigma landasan kebijakan program nasional serta penerapannya dalam kehidupan keluarga; pentingnya peran keluarga dalam pembentukan karakter bangsa dan pembentukan kualitas sumberdaya manusia yang handal dan berbudaya; permasalahan sosial ekonomi dalam keluarga dan penerapan strategi penyelesaian masalah (survival strategies) dalam menghadapi permasalahan tersebut.
- IKK212 Pengantar Ekologi Keluarga 3(2-3)
Mempelajari keluarga sebagai sistem mikro dan terbuka yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan yang lebih luas, baik lingkungan yang dibangun manusia, lingkungan sosial dan lingkungan alam; mekanisme dan faktor-faktor yang memengaruhi keberfungsian keluarga dalam bertransaksi dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memperoleh kehidupan yang berkualitas sekaligus memelihara kualitas lingkungan alam.
- IKK214 Gender dan Keluarga 3(3-0)
Mempelajari berbagai teori gender dan peran gender dalam keluarga dan pembangunan nasional dalam aspek domestik, produktif, dan sosial kemasyarakatan dengan menekankan pola relasi gender untuk mewujudkan harmonisasi kehidupan keluarga menuju kesejahteraan keluarga dan bangsa; nilai-nilai gender dalam kehidupan keluarga dari berbagai suku bangsa di Indonesia, komunikasi gender dalam keluarga, dan analisis kesenjangan gender dalam berbagai aspek.
- IKK215 Perkembangan Keluarga 3(3-0)
Mempelajari perkembangan keluarga melalui pendekatan interdisiplin, dengan fokus kajian pada tahap perkembangan dan tugas perkembangan keluarga, serta sintesis kebijakan dan program yang diperlukan untuk meningkatkan keberfungsian keluarga pada tiap siklus kehidupannya.
- IKK221 Psikologi Anak 3(3-0)
Mempelajari psikologi perkembangan anak, berbagai pandangan tentang anak, teori-teori perkembangan anak, perkembangan biologis, fisik, koginitif, sosial, dan kepribadian anak.
- IKK222 Tumbuh Kembang Manusia 3(2-3)
Mempelajari prinsip, teori dan karakteristik tumbuh kembang manusia ditinjau dari aspek biologis dan psikologis pada setiap siklus kehidupannya (masa pranatal, neonatus, usia batita, usia prasekolah, usia sekolah, usia remaja, dewasa dan lanjut usia), faktor-faktor yang memengaruhi, serta stimulasi psikososial untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.
- IKK232 Pengantar Ekonomi Keluarga 3(3-0)
Mempelajari perilaku individu dan keluarga dari sudut pandang teori ekonomi, meliputi: perilaku konsumsi dan tabungan, produksi rumah tangga dan alokasi waktu, fertilitas, investasi sumberdaya manusia, perkawinan dan perceraian, serta kesejahteraan keluarga; dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
- IKK233 Perilaku Konsumen 3(3-0)
Mempelajari proses pengambilan keputusan dalam memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang dan jasa serta faktor-faktor-faktor (internal dan eksternal) yang memengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut.
- IKK311 Metode Penelitian Keluarga 3(2-3)
Mempelajari sejarah dan dimensi dasar penelitian keluarga, prinsip-prinsip penelitian kuantitatif dan kualitatif; tahapan penelitian dengan penekanan pada pengolahan data non parametrik melalui kontrol kualitas data ( uji reliabilitas dan validitas); pengembangan alat ukur penelitian bidang keluarga; mempraktekkan teknik wawancara dan orientasi serta pengolahan data (kualitatif dan kuantitatif).
- IKK312 Konseling Keluarga 3(2-3)
Mempelajari sejarah, pengertian, dan tujuan konseling keluarga; masalah dan pola konflik dalam keluarga (antar pasangan, antar orangtua dan anak, antar anak, dan antar generasi); jenis, metode, dan teknik konseling serta bimbingan keluarga.
- IKK321 Pengasuhan Anak 3(2-3)
Mempelajari landasan teoritis dan filosofis pengasuhan, latar belakang pentingnya pengasuhan dalam tumbuh kembang anak, pola asuh dan gaya pengasuhan, pengasuhan menurut ragam sosial budaya, etnis dan bangsa; pengukuran kualitas pengasuhan; faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pengasuhan; serta dampak pengasuhan terhadap kualitas anak.
- IKK322 Pengembangan Karakter 3(3-0)
Mempelajari landasan teori, prinsip dan proses pendidikan yang ditujukan bagi pembentukan karakter anak sebagai dasar terbangunnya masyarakat madani; dampak pendidikan karakter terhadap pembangunan sumber daya manusia; berbagai peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan karakter anak sejak usia dini secara efektif
- IKK323 Pendidikan Holistik 3(2-3)
Mempelajari landasan filosofis, teoritis, konsep dan prinsip pendidikan yang ditujukan bagi pembentukan anak secara holistik; input, proses dan output pembelajaran yang meliputi : motivasi dan gaya belajar siswa, komunikasi, manajemen kelas dan strategi pembelajaran; serta aplikasi konsep dan prinsip pendidikan holistik dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran.
- IKK331 Pendidikan dan Perlindungan Konsumen 3(2-3)
Mempelajari konsep pendidikan konsumen antara lain pengambilan keputusan, pengelolaan sumberdaya dan partisipasi masyarakat; pengelolaan sumberdaya dengan efisien untuk memperoleh kepuasan dari barang/jasa yang dibeli/dikonsumsi; pembentukan konsumen yang bijak melalui kesadaran hak dan tanggungjawab; pengenalan permasalahan konsumen di masyarakat; serta pentingnya peranan gerakan perlindungan konsumen.
- IKK333 Pemasaran Sosial 3(2-3)
Mempelajari strategi perubahan perilaku melalui permasalahan sosial dengan pokok bahasan: peranan pemasaran sosial dalam merubah perilaku masyarakat, analisis perilaku, segmentasi sasaran, strategi pemasaran sosial (produk, promosi, harga, distribusi), mobilisasi sosial dan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan strategi kampanye; dan penelitian kualitatif dalam pemasaran sosial.
- IKK334 Manajemen Sumberdaya Keluarga 3(3-0)
Mempelajari teori, konsep, dan proses manajemen sumber daya keluarga; konsep dasar manajemen seperti: nilai, tujuan, kebutuhan, sumber daya, pengambilan keputusan, pemecahan masalah tentang bagaimana suatu rencana dapat diimplementasikan; komunikasi dalam keluarga; aplikasi manajemen sumber daya keluarga; dan manajemen untuk mencapai kesejahteraan keluarga.
- IKK335 Manajemen Keuangan Konsumen 3(3-0)
Mempelajari prinsip-prinsip manajemen keuangan keluarga untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang diinginkan; konsep perencanaan keuangan dalam siklus hidup keluarga; penilaian kondisi keuangan keluarga, pengelolaan aset dan uang tunai, peminjaman terencana, pajak, pengeluaran untuk transportasi, perumahan, asuransi, perawatan kesehatan, perencanaan hari tua dan investasi keluarga; serta evaluasi pengelolaan keuangan keluarga.
- IKK336 Usaha Ekonomi Keluarga 3(3-0)
Mempelajari tentang pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga melalui pendekatan kewirausahaan yang meliputi karakter kewirausahaan, pengembangan kreativitas dan inovasi, pengembangan bisnis rumahan (cottage industries), perencanaan bisnis, serta pengembangan usaha.
- IKK411 Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga 3(2-3)
Mempelajari pentingnya kajian ketahanan keluarga (dampak perubahan sosial dan ekonomi terhadap kehidupan keluarga), komponen ketahanan keluarga, tipologi keluarga, pengembangan ukuran ketahanan keluarga, serta upaya peningkatan ketahanan keluarga melalui pemberdayaan keluarga.
- IKK421 Pengukuran Perkembangan Anak 3(2-3)
Mempelajari jenis-jenis dan etika penelitian, konsep, teori, dan model penellitian perkembangan anak, serta prinsip dan teknik pengukuran dan pengembangan instrumen pengukuran perkembangan anak, stimulasi social anak dan sumberdaya psikologis lainnya pada anak.
- IKK432 Riset Konsumen 3(2-3)
Mempelajari peranan riset konsumen dalam pengambilan keputusan manajerial; tahapan dan desain riset; teknik pengambilan contoh; teknik pengumpulan data; pengolahan dan analisis data; serta berbagai pengukuran perilaku konsumen (motivasi, gaya hidup, keterlibatan persepsi, sikap, pengetahuan, preferensi, perilaku pembelian, perilaku konsumsi, kepuasan dan loyalitas).
- IKK496 Masalah Khusus 2(0-3)
Menulis ilmiah berdasarkan jurnal atau literatur ilmiah lain yang berkaitan dengan topik skripsi. Bentuk mata kuliah ini merupakan studi mandiri dan konsultasi dengan dosen pembimbing.
- IKK398 Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah 3(2-3)
Mempelajari cara menulis dan menyajikan karya ilmiah yang meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, kerangka pemikiran, tinjauan pustaka dan daftar pustaka; format penulisan proposal dan karya ilmiah; cara penyajian hasil dan pembahasan penelitian sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah di IPB.
- IKK498 Seminar 1
Penyajian sebagian atau seluruh hasil penelitian skripsi di hadapan dosen pembimbing dan mahasiswa untuk memperoleh masukan bagi penyempurnaan skripsi.
- IKK499 Skripsi 6
Merupakan karya ilmiah mahasiswa sebagai tugas akhir yang didasarkan pada analisis komprehensif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kegiatan penelitian maupun data sekunder sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi.
“Jadwal Mata Kuliah”
[:id]
“Status Akreditasi”
Pada tahun 2013 Departemen IKK mendapatkan akreditasi A sesuai keputusan BAN PT No 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 untuk periode 2013-2018.
“Kompetensi Lulusan Program S1”
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :
- Mampu mengaplikasikan teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen
- Menguasai teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen, dan ekonomi keluarga
- Mampu mengelola upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan ketangguhan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab
“Learning Outcome”
“Daftar Pembimbing Akademik”
“Silabus Mata Kuliah”
“Kurikulum”
No | Code | Course | Weight of Semester Credit System | LO | ||
1 | 2 | 3 | ||||
First Year Courses | ||||||
1 | IPB100 | Agama | 3(2-2) | √ | √ | |
2 | IPB111 | Pendidikan Pancasila | 2(1-2) | √ | ||
3 | IPB106 | Bahasa Indonesia | 2(1-2) | √ | √ | √ |
4 | IPB107 | Pengantar Ilmu Pertanian | 2(2-0) | √ | ||
5 | IPB108 | Bahasa Inggris | 3(2-2) | √ | ||
6 | IPB111 | Olahraga dan Seni | 0 | √ | ||
7 | MAT101 | Landasan Matematika | 3(2-2) | √ | ||
8 | KIM100 | Kimia Umum | 2(2-0) | |||
9 | BIO100 | Biologi Umum | 2(2-0) | |||
10 | FIS101 | Fisika Umum | 2(2-0) | |||
11 | EKO100 | Ekonomi Umum | 3(2-2) | √ | ||
12 | KPM130 | Sosiologi Umum | 3(2-2) | √ | ||
13 | AGB100 | Pengantar Kewirausahaan | 1(1-0) | |||
Sub total of Semester Credit System | 28 SCS | |||||
Interdepartment Courses | ||||||
1 | KPM210 | Dasar-Dasar Komunikasi | 3(2-3) | √ | ||
2 | MAT201 | Pengantar Manajemen | 3(3-0) | √ | ||
3 | STK211 | Metode Statistika | 3(2-2) | √ | ||
4 | KPM398 | Teknik-teknik Partisipatoris | 3(2-3) | √ | ||
5 | KPM320 | Ekologi Manusia | 3(2-3) | √ | ||
6 | STK 351 | Analisis Data Kategorik | 3(2-3) | √ | ||
7 | GIZ 341 | Ekologi Pangan dan Gizi | 3(2-3) | |||
Sub total Semester Credit System | 21 SCS | |||||
Major Courses | ||||||
1. | IKK111 | Pengantar Ilmu Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
2. | IKK121 | Pengantar Psikologi | 3(3-0) | √ | ||
3. | IKK212 | Pengantar Ekologi Keluarga | 3(2-3) | √ | ||
4. | IKK213 | Perkembangan Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
5. | IKK214 | Gender dan Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
6. | IKK221 | Psikologi Anak | 3(3-0) | √ | ||
7. | IKK222 | Tumbuh Kembang Manusia | 3(2-3) | √ | ||
8. | IKK231 | Perilaku Konsumen | 3(3-0) | √ | ||
9. | IKK232 | Pengantar Ekonomi Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
10. | IKK411 | Metode Penelitian Keluarga | 3(2-3) | √ | ||
11. | IKK321 | Pengasuhan Anak | 3(2-3) | √ | ||
12. | IKK322 | Pengembangan Karakter | 3(3-0) | √ | ||
13. | IKK323 | Pendidikan Holistik | 3(2-3) | √ | ||
14. | IKK331 | Pendidikan dan Perlindungan Konsumen | 3(2-3) | √ | ||
15. | IKK332 | Manajemen Sumberdaya Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
16. | IKK333 | Pemasaran Sosial | 3(2-3) | √ | ||
17. | IKK398 | Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah | 3(2-3) | √ | ||
18. | IKK311 | Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga | 3(2-3) | √ | ||
19. | IKK312 | Konsultasi dan Bimbingan Keluarga | 3(2-3) | √ | ||
20. | IKK421 | Pengukuran Perkembangan Anak | 3(2-3) | √ | ||
21. | IKK334 | Manajemen Keuangan Konsumen | 3(3-0) | √ | ||
22. | IKK431 | Riset Konsumen | 3(2-3) | √ | ||
23. | IKK491 | Masalah Khusus | 2(1-3) | √ | ||
24. | IKK335 | Usaha Ekonomi Keluarga | 3(3-0) | √ | ||
25. | IKK 399 | Kuliah Kerja Profesi (KKP) | 3(0-3) | √ | ||
26. | IKK 498 | Seminar | 1 | √ | ||
27. | IKK 499 | Skripsi | 6 | √ | ||
Sub total SKS | 81 scs | |||||
Minor Courses | 15 scs | |||||
Total SCS | 145 scs |
“Jadwal Mata Kuliah”
[:]
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!